October 22, 2024
cara-menabung-dengan-gaji-4-juta

Cara Menabung dengan Gaji 4 Juta

Memiliki gaji dengan nominal 4 juta perbulan memang perlu diatur dengan seksama agar bisa mencukupi kebutuhan sehari hari dan juga cara agar bisa menabung tiap bulannya.

Setiap pasti punya harapan memiliki tabungan, menambah pendapatan hingga melunasi utang. Apabila kemarin belum bisa menabung karena banyak keperluan biaya hidup maka harapannya untuk sekarang anda bisa menabung rutin.

Alasan untuk tidak menabung biasanya gaji kecil atau pas pasan. Akan tetapi, percaya atau tidak sejatinya segala sesuatu bisa disiasati dengan bijak agar masa depan tetap bisa dipersiapkan dengan baik mulai dari sekarang dengan cara menabung rutin. Jadi, sebuah kesalahan besar, beranggapan menabung hanya bisa dilakukan oleh orang orang yang bergaji besar.

cara-menabung-dengan-gaji-4-juta

Perlu anda ketahui, orang yang bergaji besar pada kenyataannya tidak bisa menabung. Berapapun gaji anda, anda bisa menabung asalkan ada kemauan dan tekad yang bulat untuk memulainya. Tabungan itu sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi keuangan agar tetap terjaga di masa depan. Walaupun gaji anda hanya 4 juta perbulan, bukan berarti anda tidak bisa menabung.

Nah, berikut cara menabung walaupun memiliki gaji 4 juta perbulan secara efektif.

 

Tabunglah setiap awal gajian

Sesuatu yang ditunda itu tidak baik, jangan menunda untuk menabung setelah anda gajian. Ketika anda menunda untuk menyetor uang di rekening tabungan, semakin lama semakin besar pula peluang uang yang seharusnya ditabung akan terpakai untuk kebutuhan lain.

Sebaiknya, begitu uang gaji diterima, dihari berikutnya langsung dimasukkan ke dalam rekening tabungan sehingga anda tidak akan tergoda untuk menggunakan atau membelanjakan uang tersebut. Selain itu, jangan sekali kali mengutak atik uang tabungan untuk alasan apapun yang tidak penting.

 

Sisihkan uang untuk menabung 20% dari gaji

Di dalam pencataan anggaran setiap bulannya, sisihkan uang untuk menabung sebanyak 20% dari gaji anda. Jika gaji anda 4 juta , berarti setiap bulan anda akan menabung 800 ribu. Dari uang tabungan akan bertambah banyak jika anda rutin dan konsisten menabung. Langkah yang harus anda lakukan adalah mulai dulu sisihkan secara rutin untuk ditabung dan jadikan hal ini sebagai kebiasaan selama 3 bulan. Setelah itu, anda bisa meningkatkan persentase untuk menabung.

 

Mulailah investasi dengan menyisihkan 5% dari gaji

Ingat tabungan investasi itu penting untuk jangka panjang, maka dari itu berapapun gaji anda jangan meremehkan pentingnya investasi. Anda banyak investasi yang bisa anda mulai dengan modal yang terjangkau. Ada banyak produk investasi yang bisa anda pilih dengan modal raturan ribu saja seperti investasi pasar modal atau tabungan emas logam.

Anda bisa menyisihkan 5 % dari gaji untuk memulai investasi, diibaratkan jika gaji anda 4 juta perbulan berarti anda bisa berinvestasi 200 ribu perbulan. Dari 200 ribu perbulan bisa berkembang sampai masa depan.

 

Lebih menghemat pengeluaran

Memiliki gaji 4 juta yang harus dibagi untuk keperluan sehari hari dan tabungan, anda harus lebih hemat dalam pengeluarannya. Berilah patokan berapa uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari hari agar anda bisa menyesuaikan antara anggaran dengan kebutuhan pokok.

Setelah itu, kurangi melakukan hal hal yang konsumtif. Misalnya, memasak menu makanan enak di rumah sambil menonton tv bersama keluarga. dengan begitu, anda tetap bisa melakukan quality time dan bisa menghemat pengeluaran.

Itulah beberapa cara menabung walaupun dengan memiliki gaji 4 juta berbulan secara efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *