December 7, 2022
cara mengatur keuangan pribadi gaji kecil

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Anda bekerja namun memiliki penghasilan yang kecil? Memiliki gaji yang pas pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan menjadi tantangan tersendiri. Namun jika dibiarkan hal ini akan menghalangi tujuan untuk menabung dan memanfaatkan keuangan sebaik baiknya. Berikut ini tips cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji pas pasan.

Maka dari itu, perlu usaha keras dan strategi untuk mengatur keuangan pribadi agar segala kebutuhan bisa terpenuhi dan bisa menabung rutin. Ada cara untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang bisa anda terapkan agar bisa berhemat. Berikut adalah cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil secara efektif dan efisien.

 

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

 

Catatlah pengeluaran

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil adalah mencatat pengeluaran yang ada. Berdasarkan catatan pengeluaran bulanan, maka anda bisa mengetahui pengeluaran yang sifatnya penting dan tidak penting yang bisa mempermudah anda dalam membuat anggaran bulanan sebagai acuan ketika mengelola keuangan kedepannya.

cara mengatur keuangan pribadi gaji kecil

 

Tentukan anggaran bulanan

Setelah anda melakukan pencatatan pengeluaran secara rutin, anda bisa menentukan anggaran bulanan sebagai acuan pengelolaan keuangan. Sebagai contoh alokasi gaji yang sederhana dengan menggunakan rumus alokasi gaji 1234 apabila pendapatan anda 3 juta.

 

Membebaskan diri dari hutang dan cicilan

Langkah selanjutnya untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji yang kecil adalah dengan terbebas dari hutang dan cicilan agar tetap sehat cukup krusial. Dengan gaji yang pas pasan, memiliki hutang dan cicilan rutin akan menguras gaji anda sehingga biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari akan berkurang dan isa saja habis sebelum waktunya. Akhirnya anda akan berutang untuk memenuhi kebutuhan tiap harinya. Jadi gali lubang tutup lubang kan? oleh karena itu, hindari pembelian barang konsumtif agar bisa lebih menghemat pengeluaran.

 

Manfaatkan promo dan voucher belanja

Untuk menghemat anggaran belanja sebaiknya memanfaatkan promo dan voucher belanja baik langsung di toko maupun ecommerce. Anda bisa mencari moment diskon untuk mendapatkan harga lebih murah saat berberlanja kebutuhan sehari harinya.

 

Mengurangi biaya tempat tinggal

Biaya tempat tinggal menjadi salah satu pengeluaran rutin yang harus disiapkan seseorang ketika menyewa tempat tinggal. Anda bisa menyiasatinya dengan berpindah ke lokasi wilayah yang jauh dari pusat kota atau pindah kerumah yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah.

 

Menghindari pemborosan ketika keluar rumah

Hidup boros ketika keluar rumah sampai menghambur hamburkan uang? Sebaiknya jangan sampai menghambur hamburkan uang. Usahakan makan dirumah daripada ke restoran. Dengan penghasilan yang pas pasan bukanlah penghalang untuk memenuhi kebutuhan sekaligus menabung rutin, memang untuk mengawalinya tidak mudah. Anda tetap harus konsisten dengan apa yang menjadi tujuan anda.

 

Menyiapkan dana darurat

Ingatlah bahwa hidup selalu banyak kejutan dan sulit untuk diprediksi, kita tidak pernah tahu kapan hal baik atau buruk terjadi dalam diri kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda perlu mengalokasikan sebagian gaji untuk tabungan dana darurat. Jadi, sewaktu waktu ada hal yang tak terduga yang membutuhkan biaya banyak, anda bisa menggunakan tabungan dana darurat tersebut.

 

Mengoptimalkan tabungan dengan investasi

Ingat pepatah menabung pangkal kaya, jadi anda bisa menginvestasi dari bagain gaji anda. Uang anda di tabungan memang bertambah setiap bulannya jika anda rutin menabung, namun bertambah belum tentu tumbuh. Maka dari itu, investasikan uang anda untuk mencapai tujuan keuangan dan impian anda dimasa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *