June 20, 2024
ide-usaha-sampingan-di-desa

Ide Usaha Sampingan di Desa

Terkadang orang menganggap bahwa kehidupan di desa kurang bagus untuk dijadikan tempat membuka usaha. Padahal tidak seperti itu, ada banyak sekali ide usaha sampingan di desa yang bisa diandalkan. Bahkan sebagian besar ide usaha tersebut dikembangkan oleh pemula sekalipun.

Pedesaan memang jauh dari pusat perkotaan, yang mana biasanya orang berpikir tempat itulah yang cocok untuk membuka usaha. Sebenarnya, terdapat keuntungan tersendiri hidup di pedesaan. Sebab, banyak dari masyarakatnya tidak mengandalkan produk pabrik. Artinya, sumber pendapatan yang mereka peroleh biasanya dari usaha mandiri. Mulai dari usaha menjual kebutuhan sawah, bahan mentah makanan, atau bahkan usaha dalam menjual jasa.

Mengingat banyaknya kebutuhan yang semakin meningkat setiap tahunnya, usaha sampingan menjadi pilihan yang menguntungkan. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa rekomendasi ide usaha sampingan di desa.

Ide Usaha Sampingan Di Desa

Umumnya Kondisi lingkungan pedesaan masih sangat alami dan kebutuhan masyarakatnya beragam. Hal tersebut menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat desa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan ide usaha sampingan. Selain bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Berikut adalah beberapa rekomendasi ide usaha sampingan di desa yang dapat Anda jalankan;

Budidaya Ikan Lele

Salah satu jenis usaha sampingan yang cocok dijalankan di desa adalah ternak ikan lele. Bisa dikatakan cocok sebab lele gampang dibudidayakan. Tidak seperti jenis ikan lainnya, ikan lele memiliki ketahanan fisik yang kuat sehingga tidak perlu perawatan yang rumit. Waktu panennya juga tergolong cepat jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Umumnya, ikan lele bisa dipanen dengan jarak waktu 3 sampai 4 bulanan saja.

ide-usaha-sampingan-di-desa

Sedangkan modal yang harus dikeluarkan untuk budidaya lele pun relatif. Jika Anda bermaksud ternak lele dengan jumlah dan lahan yang besar, maka modal yang harus dikeluarkan juga besar. Jika masih awal merintisnya, Anda tidak harus budidaya dengan jumlah yang besar. Silahkan menyesuaikan dengan modal serta kemampuan untuk merawatnya.

Usaha Pupuk

Apabila Anda merupakan orang yang tidak ingin ribet merawat dan kurang cocok dengan usaha diatas, mungkin usaha pupuk bisa Anda pertimbangkan. Sebagaimana yang kita tahu, mayoritas masyarakat desa adalah seorang petani sawah ataupun tambak. Salah satu kebutuhan penting seorang petani adalah pupuk. Hal ini menjadi ide usaha sampingan yang sangat bagus. Selain itu, dengan menjual pupuk, sama saja Anda membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya meskipun tidak secara langsung.

Warung Kopi

Ide usaha selanjutnya adalah kuliner misalnya warung kopi. Tidak seperti coffea shop di perkotaan, membuka warung kopi di pedasaan tidak memerlukan penampilan dan menu yang istimewa. Biasanya, bapak-bapak yang penat bekerja menjadikan warung kopi sebagai tempat rehat sambil ngobrol keadaan sawah yang sedang mereka garap.

warung-angkringan-kopi-di-desa

Warung kopi di pedesaan menjadi tempat yang nyaman bagi bapak-bapak atau bahkan remaja berkumpul. Melihat peluang tersebut, ide ini juga bisa menjadi kesempatan usaha yang menjajikan.

Dalam artikel ini, telah disajikan beberapa rekomendasi ide usaha sampingan yang dapat dilakukan di desa. Meskipun lokasi usaha berada di pedesaan, tidak berarti potensi untuk sukses lebih rendah dibandingkan di kota. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba salah satu atau beberapa ide usaha sampingan di desa yang telah disajikan. Jadilah bagian dari penggerak perekonomian desa yang sukses dan mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *