December 7, 2022
cara mengelola keuangan usaha dagang kecil

Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Tips cara mengelola keuangan usaha dagang kecil.

Seorang pengusaha dagang kecil namun masih bingung mengatur keuangannya? Usaha dagang semakin mudah ditemukan di Indonesia, mulai dari kota sampai desa. Adapun contoh usaha dagang seperti usaha jualan pakaian, warung, toko kelontong, snack, buah buahan dan masih banyak lagi. Saat bedagang, anda harus mengerti tentang cara mengelola keuangan baik usaha kecil menengah atau usaha besar.

Sebagai pelaku wirausaha, anda harus mengetahui aktivitas yang terjadi di dalam perusahaan terutama dalam keuangannya. Hal ini disebabkan karena cara berdagang sekaligus pengelolaan keuangan akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha anda. Sehingga dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik, otomatis perusahaan akan bertahan lama. Begitu juga sebaliknya, jika pengelolaan keuangan kacau, perusahaan akan mengalami banyak masalah sehingga kemungkinan bangkrut itu mudah.

cara mengelola keuangan usaha dagang kecil

Untuk itu, anda harus mengetahui cara detail berdagang sekaligus mengelola keuangan usaha terutama usaha kecil agar lebih mudah berkembang. Berikut cara mengelola keuangan usaha dagang kecil yang bisa anda terapkan.

 

Cara Mengelola Usaha Dagang Kecil

Edukasi diri sendiri

Mengedukasi diri menjadi hal pertama yang harus anda lakukan ketika mengelola keuangan usaha dagang kecil. Anda bisa mempelajari cara membaca laporan keuangan bertahap baik laporan arus kas, penghasilan, neraca, dan modal. Dengan mempelajari laporan keuangan setidaknya anda bisa menyimpulkan langkah selanjutnya yang bisa diambil.

 

Memisahkan keuangan pribadi dan usaha

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memisahkan keuangan antara milik pribadi dan usaha yang bertujuan untuk memudahkan anda melihat kinerja usaha. Selain itu, dengan melakukan pemisahan keuangan akan menandakan bahwa usaha yang anda jalankan professional. Untuk mempermudah dalam memimisahkan keunagan usaha, buatlah rekening baru di bank.

 

Atur rencana penggunaan uang usaha

Agar mengelola keuangan usaha dagang kecil berjalan dengan lancar, sebaiknya anda membuat rencana penggunaan keuangan sebelum periode akuntansi dimulai sehingga pada saat periode berjalan anda tinggal menjalankan dan melakukan penyesuaian saja. Jangan menggunakan uang untuk hal yang tidak penting dan mendesak. Lakukan juga evaluasi setiap akhir periode agar periode berikutnya dapat lebih baik.

 

Buatlah catatan keuangan

Mencatatn transaksi keuangan merupakan hal terpenting dalam pengelolaan keuangan perusahaan kecil maupun besar. Untuk memudahkan pencatatan, anda bisa mmenggunakan bantuan software akuntasi . dengan begitu catatan keuangan anda akan rapid an baik untuk melihat performa usaha anda dengan mudah.

 

Kelola piutang dengan benar

Piutang adalah hal umum yang diterapkan oleh perusahaan kepada konsumen karena dapat meningkatkan penjualan anda. Namun, jika jumlahnya berlebih akan menjadi sebuah beban bagi perusahaan terlebih semakin banyaknya piutang yang ditaguh membutuhkan kerja keras yang lebih besar lagi.

Oleh karena itu, cara mengelola keuangan usaha dagang kecil salah satunya dengan mengatur piutang dengan benar. Segeralah melakukan penagihan piutan jika sudah jatuh tempo jangan menunda dan merasa tidak enak pada pihak kreditor.

 

Sisihkan kas untuk dana darurat dan social

Dana darurat bisa anda gunakan sewaktu waktu jika terjadi keadaan yang tidak terduga. Sementara, dana social dapat anda sumbangkan kepada fakir miskin atau bantuan pembangunan sarana umum. Hal in, dapat menjadi bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat.

 

Pengawasan teratur

Untuk mengelola keuangan usaha dagang kecil, langkah terakhir adalah melakukan pengawasan dan control terhadap keuangan perusahaan. Melalui pengawasan secara teratur, masalah keuangan perusahaan akan lebih mudah diketahui dan bisa segera diperbaiki. Jangan sampai masalah keuangan kacau yang bisa menganggu aktivitas operasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *