February 9, 2023
cara-mengatur-keuangan-dengan-gaji-5-juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 5 Juta

Mengatur keuangan menjadi hal yang penting didalam rumah tangga. Masalah keuangan bisa menjadi penyebab perceraian paling besar selain orang ketiga. Hal ini menandakan bahwa kemampuan mengatur keuangan rumah tangga sangat diperlukan di Negara Indonesia.

Jika dilihat informasi dari Badan Pusat Statistik, pendapatan penduduk Indonesia rata rata 62 juta pertahunnya atau 5 juta per bulan.

Mengatur keuangan apabila telah berumah tangga harus dirincikan sedetail mungkin karena ketika sudah berumah tangga uang yang dikeluarkan tidak bisa sesuka hati. Maka dari itu, anda perlu membuat anggaran pengeluaran yang sehat dan tepat. Keuangan rumah tangga perlu dikelola dengan baik untuk bisa mengalokasikan kepada hal yang dibutuhkan supaya pendapatan yang dimiliki bisa menutupi kebutuhan rumah tangga.

cara-mengatur-keuangan-dengan-gaji-5-juta

Dengan perencanaan keuangan yang baik, seseorang yang sudah berumah tangga tidak hanya bisa menutupi kebutuhan sehari hari, tetapi juga bisa menabung untuk masa depan. Bagi keluarga yang menerapkan system perencanaan keuangan yang baik dapat menjadikan keluarga yang sejahtera. Aktivitas yang dilakukan oleh pelaku rumah tangga adalah proses pengelolaan penghasilan untuk mencapai tujuan finasial seperti keinginan memiliki dana pernikahan, dana kelahiran anak, dan lainnya.

Oleh karena itu, berikut cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta perbulan.

 

Memahami kondisi keuangan rumah tangga

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta perbulan adalah dengan memahami kondisi keuangan dalam rumah tangga. Anda bisa breakdown pengeluaran rumah tangga setiap bulannya, apakah pengeluaran tersebut masih bisa ter cover dengan pendapatan anda dan pasangan. Jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, anda harus merombak pengaturan keuangan rumah tangga yang sudah diterapkan sebelumnya.

 

Menyisihkan uanga untuk tabungan

Cara selanjutnya ketika mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta perbulan adalah dengan menyisihkan uang untuk tabungan diawal bulan. Sehingga anda tidak menabung dari sisa uang bulanan yang sudah habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, sebab dengan menabung di awal bulan akan membuat anda lebih disiplin menyisihkan uang.

Anda bisa memakai presentase dalam mengatur keuangan seperti 50:30:40. Dari uang 5 juta tersebut dikategorikan ke presentase keuangan, sebanyak 2,5 juta untuk kebutuhan, 1,5 juta untuk tabungan masa depan, dan 1 juta untuk memenuhi keinginan. Untuk memaksimalkan kebiasaan menabung, sebaiknya pisahkan rekening utama dengan rekening khusus tabungan.

 

Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang tidak boleh terlewatkan terutama bagi penghasilan yang cukup kecil. Kebutuhan merupakan hal yang bersifat penting dalam kehidupan sehari hari seperti makan, uang transportasi, dan lainnya.

Sadangkan, keinginan adalah hal yang bersifat tidak wajib dan bertujuan untuk memberikan kesenangan atau hiburan sesaat seperti belanja barang barang branded. Dengan memisahkan keduanya, anda akan mengetahui mana yang bisa mengganggu aktivitas sehari hari dan mana yang tidak.

 

Hindari penambahan hutang konsumtif

Hutang konsumtif hanya akan menambah pengeluaran yang tidak ada gunanya dan bisa mengurangi jumlah kekayaan bersih. Tidak ada salahnya berutang, asalkan hutang yang anda miliki digunakan untuk keperluan yang produktif. Sebagai contoh hutang produktif yaitu hutang pembelian set yang tidak mengalami depresiasi harga seperti rumah atau logam mulia maupum hutang untuk modal usaha.

Itulah, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta perbulan secara efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *